Minggu, 13 September 2009

LAGI!!! POHON TUMBANG

bisa dibilang, pohon tumbang di negara kita sudah tidak asing lagi, begitu pula dibelahan dunia yang lain. setiap hari ada saja berita tentang pohon tumbang. ini adalah suatu hal yang biasa namun sangat menyedihkan.

bebrapa jam yang lalu saya melihat sendiri dengan mata kepala saya sendiri, ada sebuah pohon tumbang di kawasan Raya Darmo, Surabaya, sebelum perempatan polisi istimewa,setelah panglima sudirman, dekat dengan UFO Darmo.


melintang, menutup ruas jalan Raya Darmo

tidak bisa dihindari, manusia menginginkan yang terbaik dan yang terindah untuk kotanya, namun tidak pernah memperhitungkan bagaimana efek dari semua itu. seperti halnya saat ini di Surabaya, bisa dibilang, sedang di lakukan pengaturan tata kota yang lebih lanjut, seperti halnya dibuat pedestrian dan lain sebagainya. ini bagus, dan saya setuju sekali kalau kota ini menjadi indah dan cantik, TETAPI jika mengorbankan satu pohon setiap harinya, apakah itu disebut BAGUS??? atau INDAH??

sedih jadinya. baru saja kemarin dengar bahwa ada pohon tumbang (di Raya Darmo juga, dan menjatuhi sebuah mobil sedan), nah sekarang lihat sendiri, langsung pula dan sekarang yang menjadi korban adalah sebuah mobil kijang Innova asal Bali.


"aduh,, mobilku,,!!!"

beuh,,, miris rasanya kalau melihat langsung, apalagi akar pohon tersebut, memang sepertinya sudah SANGAT TIDAK KUAT untuk menahan beban tubuh pohon diatasnya, sudah begitu lahan "si akar" untuk menjalar dan mencari tempat untuk menahan tubuh pohon tersebut pun sudah semakin sempit, bisa dibilang hanya seluas bagian bawah pohon.

hal ini, diakibatkan oleh (seperti yang sudah saya sebutkan tadi) perbaikan got/selokan dipinggiran jalan Raya Darmo, tampaknya akan dipasang box culvert di sepanjang jalan tersebut. bagus memang bila ada inisiatif untuk pemasangan box culvert, tetapi, (sekali lagi) apakah bagus untuk makhluk hidup lain yang berada di sana? lahannya semakin sempit, dia tumbang, lalu terjadi global warming.


"aku mau pergi kemana lagi??? lebih baik kujatuhkan saja diriku."

manusia selalu saja mengeluh mengenai global warming, tetapi jika tingkah dan kelakuan manusi selalu mengakibatkan hilangnya satu pohon setiap harinya, siapa coba yang patut di salahkan??

hoah,,, semoga kita dapat merubah pola hidup kita yah,,, agar dapat mengurangi efek global warming yang semakin hari semakin terasa saja.
Amin,,

2 komentar:

wawan mengatakan...

wuew!
klu dah gini yang terjadi adalah mencari siapa yang salah,
seharusnya yang dicari adalah solusinya..

sinTa mengatakan...

entahlah,,, manusia memang tidak pernah ada puasnya,,,

Ada kesalahan di dalam gadget ini