Rabu, 22 Juli 2015

Oleh-oleh Lebaran 1436H


Mudik! Mudik! Mudik! Yippii!!

Mumpung masih dalam suasana lebaran, saya mau posting dikit mengenai lebaran kemarin aahhh... heheh

Jarang-jarang bisa mudik bareng mama dan bapak di kampung halaman apalagi sampai ikutan sholat Ied bareng di sana. Iyah, karena ini tahun pertama bapak pensiun sebulan lalu, jadi bapak bisa pulang kampung lebih awal. Tidak seperti lebaran-lebaran sebelumnya yang baru bisa pulang kampung dua minggu setelah lebaran.

Lebaran kemarin ini, saya pulang H-2 sebelum sholat Ied. Lebaran bareng ortu atau endak di kampung halaman, bagi saya perjalanan menuju kampung tetep aja sama. Iyah, saya ikutan travel. Mobil bapak gak muat. Sudah keisi sama mama, bapak, kakak saya + istrinya + dua anaknya, juga adik saya yang paling kecil. Belum lagi barang-barang bawaan. So, saya dan kakak paling gede berangkat naek travel.


ini keluarga dari mama, belum semuanya kumpul buat foto. pada malu-malu :D

Seperti yang sudah saya tulis di postingan sebelumnya, pagi sampai sore hari sebelum berangkat, saya masih harus garap pesenan kue, jadi sama sekali belum packing. Alhasil, packingan ala kadarnya asal bawa. Akibatnya ada aja yang ketinggalan. Ada baju yang gak kebawa. Akhirnya sampai di rumah si mbah, seperti biasa saya pinjem daster buat di rumah. Hahaha... yaahh udah macam emak-emak gitu laaah..

yang ini juga cuma sebagian kecil dari keluarga bapak

Topik hangat yang lagi in selain di postingan terdahulu, yaitu AKIK. Iyah batu akik. Berawal dari bapak yang dapat sms dari seorang temannya yang kurang lebih tulisannya begini,”Pak, saya titip batu dari Pacitan yang warna merah atau biru, berapapun nanti saya ganti.” Segitunya yang hobi sama akik. Heheh.

Jadi deh, bapak cerita sama saudara-saudara, tanya dimana itu bisa dapat akik. Setelah hasil cerita dan tanya-tanya itu, dapatlah bapak akik yang sudah dijadikan cincin. Langsung dapat dua. Yang satu dari keponakan bapak dan yang satu dari ipar bapak. Tapi, setelah diteliti dan dicermati, batu yang dari keponakan itu bukan akik, Cuma batu kali biasa. Karena ciri batu akik itu kalau disenter atau dikasih cahaya, cahayanya bakal tembus. Hahah... gak papa lah di bawa saja. Sedangkan punya iparnya, itu asli tembus. Kok bisa ya?

Tidak berapa lama setelah dikasih cincin akik, eh ada keponakan lain yang datang berkunjung dari sebuah desa di atas gunung, katanya dia jual akik dan punya lebih banyak. Hahaha... denger begitu si bapak langsung semangat buat titip.


yang hijau itu batu biasa, yang besar sendiri itu yang masih mentah belum dipoles

Ternyata gak Cuma bapak, sepupu saya yang lain yang kerja di Ibu kota juga begitu. Ceritanya kalau dia dititipin sama bosnya buat bawain akik dari Pacitan. Akhirnya waktu berkunjung ke rumah kerabat yang di atas gunung, dapet deh beberapa batu akik yang masih mentah belum dipoles dan beberapa batu cincin. Hadeh hadeh... segitunya orang-orang ini suka akik.. heheh.. *eh jangan gitu, tau-tau nanti malah doyan sendiri looh* :D

jadi ceritanya, lebaran kali ini, oleh-oleh yang paling dinanti adalah akik!!

Senin, 20 Juli 2015

Last Project


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Mohon maaf lahir batin, semoga kita dipertemukan lagi dengan Ramdhan tahun depan. Amiin... :)
Gimana lebaran kali ini? Ada yang berbeda gak? Ada sesuatu yang berasa waaahhhh gak? Heheh... kalo saya siih, dari perihal status single ato double, yaaahhh masih gitu-gitu aja siih.. heheh. Tapi untungnya, bisa dibilang, lebaran kali ini tidak ada yang bertanya kepada saya,”kapan nikah?”, karena ada topik yang lebih menarik dari itu.

Yap.. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa melewati tahap interview akhir dari open recruitment dari sebuah perusahaan. Setelah hampir 2,5 tahun penantian. up and down. Jatuh bangun. Masukkan lamaran ke sana-sini. Finally, they accepted me. Yang bikin saya terharu adalah ketika harus memberikan kabar gembira itu kepada orang tua saya. Nangis, nangis deh.. heheh.. nangis nangis bahagia. Selain itu juga ada hal yang bikin saya terharu, cara bercerita orang tua dan om saya yang ngerti banget perjuangan saya kepada orang lain. Sungguh saya tersentuh, mereka sungguh appreciate. Emang ketrima dimana? Nanti lah, ada waktunya saya kasih cerita lebih lagi sama bloggie :) semoga ini menjadi berkah, barokah dan amanah di masa sekarang dan akan datang. Amiin.. :)

Balik lagi ke lebaran niiihh. Saya yang selama Ramdhan masih pengangguran, apalagi pesanan risol agak menurun, jadi bosen juga kalo kudu diem aja di rumah. Coba-coba deh bikin kue-kue lebaran. Andalan saya sih bikin lidah kucing dari tahun-tahun kemarin. Tapi dasarnya saya yang kurang jago melakukan pemasaran dan masih malu-malu kucing buat kabar-kabari sahabat dan karib mengenai produk saya, akhir-akhirnya sih kue-kue itu buat suguhan sendiri di rumah pas lebaran.

Eh, gak taunya dua minggu sebelum lebaran ada temen saya sejak jaman belum masuk TK pesen lidah kucing hampir 10kg, sudah gitu mendekati lebaran ada juga tetangga ikutan pesen. Hahahah.... lumayan laah yaaa.. Alhamdulillah rejeki anak Sholehah. Karena bukan pembuat kue profesional, Cuma rumahan, jadi oven yang saya pakai juga seadanya, oven kompor kecil yang isilnya Cuma 3 tingkat. Butuh waktu cukup lamaaaaaa. H-2 lebaran saya baru kelar ngerjain, padahal malamnya saya sudah harus cus pulang kampung ke Pacitan.

tumpukan kastengel dan lidah kucing 


Saya gak Cuma bikin lidah kucing looh.. tapi juga bikin kastengel. Lumayan sisa kuning telor daripada terbuang percuma, saya masukkan ke bahan kastengel. Tapi not for sale ini kastengelnya. Cukup untuk kalangan sendiri. Yang nyetakin mama dan ponakan-ponakan saya. Adik saya asistennya, lumayan lah dikaryakan. Iya toh? :D

Bisa dibilang, bikin kue-kue ini merupakan project terakhir saya sebelum lebaran tahun ini, karena setelah lebaran, insyaAllah saya harus mengikuti pendidikan dari perusahan yang menerima saya sebagai salah satu yang lolos tes kemarin-kemarin ini.

Mohon doanya kawan-kawan bloggie, semoga apa yang saya terima ini bisa menjadi berkah dan barokah dan saya bisa amanah dalam menjalankannya. Dan semoga tidak berhenti berkarya dan bisa pamer-pamer masakan lagi. Hehehe... Amiin...

Kamis, 02 Juli 2015

Choco Vanilla Cup Cakes ala mbak Fran


hellow!! 
Selamat Berpuasa ya bagi yang menjalankannya :)

yuk mari bikin kue lagii, lumayan buat takjil berbuka nanti. kali ini saya mau bagi resep cupcake yang dasar resepnya sudah saya dapat dari setengah tahun yang lalu, tapi baru sukses yang praktekin baru-baru ini. sebelumnya gak karuan deh hasilnya, walaupun sudah ikut resep dari tempat kursus. 

ternyata permasalahannya terletak pada oven! iya sebelum pakai oven kompor, saya pakainya oven listrik. listrik di rumah gak kuat, jadi mati mati terus. so, panas nya si oven gak stabil. waktu mau ngembang, eh kempes lagi. tadinya saya kira ada kesalahan dengan teknik proses pengocokkan saya, eh ternyata si oven.

resep dasar ini saya dapet waktu ikutan kursus di Tristar seharian beberapa bulan yang lalu. ada sedikit modifikasi siih. ada bahan yang saya ganti juga. masalahnya kalau ngikutin resep, agak mehong alias mahal. fiuuuhhh... maklum yaahh masih anak rumahan. kudu hemaat. hehhe...


yang ini hasil kursus :)



yang ini baru buatan saya sendiri... choco vanilla cup cakes


Choco Vanilla Cup Cakes 
Bahan:
200 gr Margarin
170 gr Gula Bubuk

2   btr Kuning Telur
4   btr Telur

30  gr Maizena
140 gr Tepung Protein Rendah
1/2 sdt Baking Powder

1   sdt chocolate paste

Cara pembuatan:
> Kocok margarin, gula bubuk hingga lembut. (kec. rendah)
> Masukkan telur bergantian dengan bahan kering sambil terus dikocok hingga rata.(kec. sedang)
> Bagi adonan menjadi 2 bagian : 1/2 bagian diberikan chocolate paste, 1/2 bagian biarkan putih
> Tuangkan adonan coklat ke dalam papercup (gunakan contong plastik) hingga 2/3 bagian, lalu suntikkan adonan putih di tengahnya

> Oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 25 menit

Butter Cream:
50  gr Margarin
65  gr Mentega putih kocok dengan kecepatan tinggi
1   sdm susu kental manis

1/2 sdt Vanilla pasta (optional) masukkan dan kocok dengan kecepatan sedang
2   sdm Gula Bubuk

semua bahan butter cream di kocok hingga lembut


Selamat mencoba!



Minggu, 14 Juni 2015

Steak Tuna

sekali sekali bikin makanan ala-ala resto ato kafe-kafe gitu aahhh... hihihi.. tapi makanan yang sehat dan penuh gizi dan pastinya yummy ala chef ... :P

Yup!! mumpung ada ikan tuna yang masih ada banyak untuk bahan dagangan, saya coba-coba deh bikin Steak Tuna. ternyata gampang bingit. tinggal mau tingkat kematangan yang seperti apa aja yang diinginkan. kayak bikin steak daging biasanya itu loh. yang ada tingkatan kematangan dagingnya, macam medium, rare, well done.

tadinya mau coba bikin medium yang dalamnya masih agak kemerah-merahan gitu, tapi saya takut mentah dan gak enak, jadinya saya bikin almost well done. apapun itu, daging ikan tuna itu gurih. beneran gurih. :9

which one do you prefer to serve?

Cara bikinnya gampang bingit. pertama, siapin dulu bahan-bahannya, seperti;
1.    Ikan tuna steak dengan ketebalan kurleb 2,5cm (yang sudah dipotong steak ya.. bukan tuna kalengan.. heheh)
2.    Kentang ukuran sedang (kupas dan potong sesuai selera)
3.    Wortel ukuran sedang (potong korek api besar yaah, kecil kurang mantep,,, :P)
4.    Brokoli secukupnya

selanjutnya,
1.    bumbui tuna steak dengan garam dan merica bubuk secukupnya pada setiap sisi, lalu diamkan beberapa saat.
2.    kukus kentang dan wortel hingga matang.
3.    Rebus brokoli dengan cara panaskan terlebih dahulu air hingga mendidih, masukkan brokoli dan jangan terlalu lama agar zat hijau dari brokoli tidak berkurang. bila sudah, tiriskan.
4.    panaskan pan atau grill, oleskan margarin sedikit. letakkan tuna di atasnya. masak selama 3-4 menit untuk hasil well done disetiap sisinya.
5.     bila sudah matang, platting dan sajikan. :)


Fun Fact!!!
sajian kali ini sangat-sangat sehat. banyak banget manfaat dari makanan ini, mulai dari ikan sampai sayur-sayurnya.
- Ikan Tuna
  kandungan di dalam ikan tuna ini komplit banget, diantaranya yaitu : kalori, protein & amino acid, karbohidrat, vitamin, lemak dan mineral. dengan manfaat yang tidak sedikit juga seperti sumber protein untuk tubuh, mencegah stroke, kandungan omega-3 pada asam lemaknya dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi juga mencegah terjadinya obesitas (so.. gak usah takut gendut, bagus buat diet kalo gitu), menurunkan kadar Trigliserida (kandungan lemak dalam darah), good for your heart (patah hati makan itu tuh... eh enggak diink, yang ini jantung,, hehe), menurunkan resiko jantung koroner, daaan masih banyak lagi.

- Wortel
  seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa wortel kaya akan vitamin A dan memiliki kandungan anti-oksidan di dalamnya. selain itu juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang dibutuhkan untuk tubuh manusia. manfaatnya juga juara nih, diantaranya mengurangi reskiko kanker, menekan resiko penyakit jantung, menigkatkan sistem imun pada tubuh, mencegah stroke, menjaga kesehatan mata, juga baik untuk kulit dan kecantikan, selain itu bagus juga untuk ibu hamil.

- Brokoli
  Brokoli warnanya hijau, tahu sendiri kan sayuran hijau itu baik untuk kesehatan. kandungan  yang ada dalam brokoli yaitu vitamin A, C, B dan K, serta kandungan lain seperti Kalsium, Zat Besi juga Kalori. untuk yang kolesterolnya berlebih, brokoli baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol kita, selain itu juga penting untuk kesehatan mata dan juga pencernaan, serta sebagai sumber antioksidan, meningkatkan sistem imun, efektif mencegah kanker, mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

- Kentang
  Pada kentang terkandung zat-zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, lemak nabati, protein dan kalsium serta mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. manfaat kentang diantaranya pencegah kanker, mengurangi kadar kolesterol, mengurangi resiko batu ginjal, kesehatan tulang, menurunkan tekanan darah tinggi, kesehatan jantung, pembentukan sel juga baik untuk kesehatan otak. selain itu kentang juga baik untuk perawatan kecantikan.
(sumber : http://manfaat.co.id/)

wiiihh keren-keren ya manfaat dan kandungannya. so, yuk jangan lupa makan ikan dan sayur-mayur.. :) :)
#healthyfood #healthyfood #healthyfood

Fish