Minggu, 14 Juni 2015

Steak Tuna

sekali sekali bikin makanan ala-ala resto ato kafe-kafe gitu aahhh... hihihi.. tapi makanan yang sehat dan penuh gizi dan pastinya yummy ala chef ... :P

Yup!! mumpung ada ikan tuna yang masih ada banyak untuk bahan dagangan, saya coba-coba deh bikin Steak Tuna. ternyata gampang bingit. tinggal mau tingkat kematangan yang seperti apa aja yang diinginkan. kayak bikin steak daging biasanya itu loh. yang ada tingkatan kematangan dagingnya, macam medium, rare, well done.

tadinya mau coba bikin medium yang dalamnya masih agak kemerah-merahan gitu, tapi saya takut mentah dan gak enak, jadinya saya bikin almost well done. apapun itu, daging ikan tuna itu gurih. beneran gurih. :9

which one do you prefer to serve?

Cara bikinnya gampang bingit. pertama, siapin dulu bahan-bahannya, seperti;
1.    Ikan tuna steak dengan ketebalan kurleb 2,5cm (yang sudah dipotong steak ya.. bukan tuna kalengan.. heheh)
2.    Kentang ukuran sedang (kupas dan potong sesuai selera)
3.    Wortel ukuran sedang (potong korek api besar yaah, kecil kurang mantep,,, :P)
4.    Brokoli secukupnya

selanjutnya,
1.    bumbui tuna steak dengan garam dan merica bubuk secukupnya pada setiap sisi, lalu diamkan beberapa saat.
2.    kukus kentang dan wortel hingga matang.
3.    Rebus brokoli dengan cara panaskan terlebih dahulu air hingga mendidih, masukkan brokoli dan jangan terlalu lama agar zat hijau dari brokoli tidak berkurang. bila sudah, tiriskan.
4.    panaskan pan atau grill, oleskan margarin sedikit. letakkan tuna di atasnya. masak selama 3-4 menit untuk hasil well done disetiap sisinya.
5.     bila sudah matang, platting dan sajikan. :)


Fun Fact!!!
sajian kali ini sangat-sangat sehat. banyak banget manfaat dari makanan ini, mulai dari ikan sampai sayur-sayurnya.
- Ikan Tuna
  kandungan di dalam ikan tuna ini komplit banget, diantaranya yaitu : kalori, protein & amino acid, karbohidrat, vitamin, lemak dan mineral. dengan manfaat yang tidak sedikit juga seperti sumber protein untuk tubuh, mencegah stroke, kandungan omega-3 pada asam lemaknya dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi juga mencegah terjadinya obesitas (so.. gak usah takut gendut, bagus buat diet kalo gitu), menurunkan kadar Trigliserida (kandungan lemak dalam darah), good for your heart (patah hati makan itu tuh... eh enggak diink, yang ini jantung,, hehe), menurunkan resiko jantung koroner, daaan masih banyak lagi.

- Wortel
  seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa wortel kaya akan vitamin A dan memiliki kandungan anti-oksidan di dalamnya. selain itu juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang dibutuhkan untuk tubuh manusia. manfaatnya juga juara nih, diantaranya mengurangi reskiko kanker, menekan resiko penyakit jantung, menigkatkan sistem imun pada tubuh, mencegah stroke, menjaga kesehatan mata, juga baik untuk kulit dan kecantikan, selain itu bagus juga untuk ibu hamil.

- Brokoli
  Brokoli warnanya hijau, tahu sendiri kan sayuran hijau itu baik untuk kesehatan. kandungan  yang ada dalam brokoli yaitu vitamin A, C, B dan K, serta kandungan lain seperti Kalsium, Zat Besi juga Kalori. untuk yang kolesterolnya berlebih, brokoli baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol kita, selain itu juga penting untuk kesehatan mata dan juga pencernaan, serta sebagai sumber antioksidan, meningkatkan sistem imun, efektif mencegah kanker, mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

- Kentang
  Pada kentang terkandung zat-zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, lemak nabati, protein dan kalsium serta mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. manfaat kentang diantaranya pencegah kanker, mengurangi kadar kolesterol, mengurangi resiko batu ginjal, kesehatan tulang, menurunkan tekanan darah tinggi, kesehatan jantung, pembentukan sel juga baik untuk kesehatan otak. selain itu kentang juga baik untuk perawatan kecantikan.
(sumber : http://manfaat.co.id/)

wiiihh keren-keren ya manfaat dan kandungannya. so, yuk jangan lupa makan ikan dan sayur-mayur.. :) :)
#healthyfood #healthyfood #healthyfood

2 komentar:

Nindy Hardjadinata mengatakan...

Maaaakk, luweeeeeee T.T

Frans Suryani mengatakan...

yuuk makaan.. :9

Ada kesalahan di dalam gadget ini