Langsung ke konten utama

Mengunjungi Kartupos #halloKL

Bener apa kata temen saya, di sini subuhnya siang. Matahari baru kelihatan sekitar jam setengah 8, lalu berkegiatan baru terlihat jam 8. Saya mau sholat subuh sampai bingung, terdengar suara adzan samar-samar *atau itu hanya ilusi pendengaran saya?* sekitar jam setengah 5 lebih hampir jam 5an pagi lah – itu waktu menurut hape saya, saya juga lupa itu jam udah saya rubah atau belum – jadi ya, saya sholat aja jam segitu, tapi selanjutnya saya baru tahu pas lagi jalan-jalan ke Melaka dan lihat ada jadwal sholat di Surau – Mushala – dan eng ing eng, subuh di sini baru jam 5.36. kalau gitu di KL kurang lebih hampir sama jam segituan. Kepagian donk ya jam setengah 5. Hahah... huallahualam lah ya..
Semalam, saat tiba di daerah – yang katanya – Taman Segambut, sudah agak teler gara-gara mengantuk, jadi antara yakin dan tidak, buanyak sekali mobil terpakir di jalanan depan rumah, di dalam garasi ada maksimal 2 mobil, dan di luar pagar rumah gak karuan ada berapa banyak. Begitu pagi dan kita mulai cau dari rumah jam 9an, baru lah itu nampak semua mobil-mobil *mereka sebut mobil di sini itu kereta* berserakan, eh terparkir gak karuan maksud saya. Orang-orang yang tinggal di flat alias rusun di sini juga rata-rata bermobil. Lantai dasar flat adalah tempat parkir. Daaaannn jarang sekali saya lihat ada sepeda motor alias motorsikal di sini. Kalau pun ada, kebanyakan dari motor-motor itu adalah motor honda astrea model jaman-jaman jadul gitu dengan keranjang di belakang stang setir. Beda sama kebanyakan orang Indonesia yang sukanya pakai barang-barang keluaran terbaru, motor tiap tahun baru.
Mobil-mobil alias kereta yang saya lihat berserakan tadi, most of them adalah produk punya Proton. Dan katanya, mobil pertama yang harus di beli oleh orang-orang sana adalah PROTON *liat proton jadi inget om saya, halah opo sih* baru untuk kepemilikan mobil kedua ketiga dan ke-berapapun diperbolehkan pakai produk lainnya. Kenapa begitu? Karena proton adalah produksi dalam negeri mereka, jadi kalau saya simpulkan “Cintailah produk-produk dalam negeri!!” hehe. Eehhmmm... eehhhmm kalau ingat produk dalam negeri, jadi inget si mobil esemka yang pernah di promosiin mantan walikota Solo yang sekarang jadi orang nomer satu di RI. Apa kabar ya si dek esemka ini? :)
Destinasi pertama kita adalah Batu Caves. Cuma 2 menit naek komuter – eh banter pake banget dah komuternya 120km/jam – itu dari stesen/ stasiun Batu Kentonmen dan langsung turun di stesen Batu Caves, deket pake banget dari pintu masuk Batu Caves. Yang jauh itu jalan kaki dari rumah mas Harris – si empunya rumah – ke stesen Batu Kentonmen. Yah sekitar 15 menitan lah. Dan biar gak tersesat, kita dianter – nganternya jalan kaki booook – sama mas Agus – agak lupa juga nih namanya – sampai ke stesen Batu Kentonmen. Satu kata buat komuternya, keren!
Ada apa di Batu Caves?
Ada kuilnya umat Hindu India dan Gua yang isinya patung-patung dari kisah Ramayana. So, ada patung Rama, Sinta, si Monster Rahwana dan para bala Hanoman. Begitu masuk gua, langsung inget tuh sama bapak, yang suka banget sama cerita pewayangan Ramayana, Mahabarata dan lain-lain. Makanya saya dikasih nama Sinta dari cerita Ramayana, abisnya jaman muda dulu, bapak doyan alias hobi banget bikin-bikin wayang kulit, tapi tentunya dengan cerita yang versi Jawa.

Rama & Sinta duduk di singgasana mereka

Sebelum masuk ke goa ada patung Hanoman gede banget, dan juga ada banyak banget kera-kera liar berkeliaran di sekitaran kuil. Berjalan semakin mendekati tempatnya orang-orang berjualan, juga ada patung guedhe pake banget. Dan katanya mbak wiki ini adalah patung dewa tertinggi di dunia, yaitu Dewa Murugan. Setelah diingat-ingat dan dilihat-lihat, waahh ini patung dewa yang ada di postcard yang setahun lalu dikirimin sama mbak Dian dan mbak Dwi dari Malaysia. Yaayyy... akhirnya saya mengunjungi salah satu tempat yang ada di postcard!! Semoga lain waktu saya bisa mengunjungi tempat-tempat lain yang ada di postcard jugaaa heheh.. \(^^)/

yaayyy!!! akhirnya saya mengunjungi salah satu tempat di postcard yang saya dapat!! \(^^)/

KLIA Transit

Selepas foto-foto cantik di Batu Caves, kita cau mau ke Melaka. Naik komuter dulu dari stesen Batu Caves ke KL Sentral, lumayan jauh juga, sekitar 20menitan. Dari KL Sentral, kita naek komuter lagi ke BTS (Bandar Tasik Selatan). Mestinya bisa aja kita dari Batu Caves langsung ke BTS, tapi karena alasan mau makan dulu, jadinya kita beli tiketnya Cuma sampai KL Sentral, lalu beli tiket lagi ke BTS. Dan, apakah BTS itu? BTS itu terminal bis, ya ada sih stesennya. Tapi kalau mau ke luar kota KL atau mau ke Singapore, naek bas-nya ya dari BTS ini. Dari BTS ke Melaka kurang lebih 2 jam, berangkat jam 14.30  (ada jam-jam keberangkatannya), tiket bas Mayang sari  MYR11. Dan bas’nya nyaman sekali, 2 jam bisa tuh buat boci.

loket bas ke luar kota KL dan ke luar negeri (Singapore)

mejeng di terminal :P


Dan.. taraaa... Hallo Melaka...

Kemana aja di Melaka? Gak banyak. Cuaca tidak mendukung dan hari pun sudah mulai gelap. Kalau tidak hujan, walaupun sudah malam, mungkin akan ada banyak spot yang bagus buat foto-foto. Heheh.
Dari Melaka Sentral, kita naek bas rapid MYR 1,5 menuju daerah bangunan merah. Hah? Bangunan merah? *maklum saya bener-bener blank dan gak searching apapun saat mau melancong ini* gak ngerti apa itu yang namanya bangunan merah. Setelah melewati little India, kita memasuki daerah dengan bangunan-bangunan yang semuanya berwarna merah. Ada museum, gereja dan bangunan-bangunan lain dengan arsitektur Eropa yang berwarna merah. Taman kecil di depan Christ Church Melaka rame buat foto-fotoan selfie.

siapa mau sewa becak? mahal ya...

salah satu sudut di kawasan bangunan merah

Berjalan sedikit sekitar 100 meter melewati jembatan dari kompleks bangunan merah, kita ke pasar tradisional, eehhmm lebih terlihat seperti pasar malem sih, dan sepertinya itu daerah China Town. Kebanyakan yang jual cece-cece dan koko-koko, ada beberapa tacik juga sih dan beberapa pedagang India yang gambarin henna. Karena hujan semakin tidak bersahabat untuk dibuat jalan-jalan tanpa pelindung, akhirnya kita bersembilan sama’an beli jas hujan plastik seharga MYR 3/pc, tapi kalo beli 2 dapet harga MYR 5/2pcs. Kita langsung mborong tuh jas hujan warna-warni. Hehehe....

China Town di Melaka

Jauh-jauh ke Melaka, makannya nasi Padang jua. Heeaaaa..... saya pengen banget nyobain makanan khas sini, tapi kebanyakan rumah makan di sini punya orang india, jadi makanannya berkari-kari gitu deeh. Ada juga bukan kari, yaitu nasi Lemak. Daan sooo, teman-teman menjatuhkan pilihan pada nasi padang. Cari-cari deh itu nasi padang di kota Melaka. Untungnya ada si mas-mas yang baik hati. Kita dianterin cari makan nasi padang. Sekitar 15 menit jalan kaki dari bangunan merah. Daaan tempatnya juga gak jauh dari Hidden hotel. *saya sudah ogah foto-foto, jadi so sorry no picture anymore this night*
Karena singkatnya waktu dan kendala cuaca, jadi gak banyak yang kita datangi di Melaka ini. Kalo mau tahu lebih banyak, tuh cari aja di mbah google pasti udah banyak yang nge’post, apalagi di lonely planet pasti ada. :D

Lagi-lagi kita sampai rumah sudah dini hari. Si empunya rumah sudah pada tidur, kita berisik baru datang sekitar jam 1 pagi waktu Malaysia. Gak sopan banget deh nih tamu. Hahah..

besok lagii....

Komentar

Nindy Hardjadinata mengatakan…
Cieeeeh yang ke Key El :p

Btw, bas itu Bus maksudnya? Stesen = Station? teksi = Taxi?

Kan Malaysia persemakmuran Inggris mak, jadi pronounciation beberapa vocab pake bahasa Inggris :)

Ke Penang nggak nih? ada kafe kucing baru di situ pengeeeenn >.< #nungguhanimunajadeh
fransintablog mengatakan…
iyaaahhh penulisannya disesuaikan sama pronounciation nyaa..

gak sampe ke Penang kid.. jauh.. kita cuma di sekitaran KL aja..
cari'o promoan dulu ae.. nanti pas hanimun dapet tiket murah :P

*ayok kita jalan bareng... gak jadi terus >.<*

Postingan populer dari blog ini

Cewek Smart

Dalam melakukan sesuatu itu memang harusnya ditarget, iya gak sih? Seperti beberapa hari yang lalu selama dua hari berturut-turut, ada beberapa hal yang masuk list to do saya (maklumlah lagi libur kuliah dan gak ada kerjaan, jadi ya bikin-bikin geje aja) hehe,, list to do-nya missal : ambil buku di mbak Ria, ambil tiket gowes di warung komplek, itu untuk malamnya dan besok paginya rencananya pagi-pagi sekali saya mau berguru pada teman SMA saya mengenai taking2 (tapi yang ini gak jadi, si do’i bangun kesiangan : ( ), abis gitu ke kampus tanya-tanya masalah orientasi (maklumlah hitungannya kan saya masih mahasiswa baru, baru tujuh semester di ITS ) dan bikin kartu perpus (woh biar kliatan rajin, pake punya kartu perpus segala, haha) *interview gak sengaja* Gini nih, seperti yang tadi saya bilang, salah satu plan saya adalah “mengambil buku di mbak Ria”. Hem,, buku apa itu? Dan siapa mbak Ria? Yap ini kedua kalinya saya berkunjung ke rumahnya yang gak jauh dari rumah nenek saya. Dan

From Station to Station

Dari hati ke hati…. *eh Maaf maaf bukan waktunya ngegombal niiihh… eling eling!! Hehe. Bukan mau ngegombal kok, tenang aja. Cuma mau berbagi sedikit cerita perjalanan selama survey beberapa hari yang lalu. Kebetulan ada tugas dari dosen Infrastruktur Transportasi buat melakukan survey ke stasiun. Terserah sih mau ke stasiun mana. Apa saja yang disurvey? Yaitu meliputi : Ø   Lokasi Stasiun Ø   Fasilitas di Stasiun Ø   Layout Emplasemen Stasiun : Jumlah Track, Wesel, Peron, dsb Ø   Sistem Persinyalan Saya dan lima orang teman yang lain – Selpi, Abu, Dewanty, Eca, dan si Om Wawan – memutuskan untuk survey ke Kediri. Kenapa Kediri? Yah karena kita kehabisan stasiun yang deket-deket Surabaya. Lagipula gak sedikit kok temen-temen satu kelas yang survey di luar kota, malah sampai Bandung (niat banget yah… ya iyalah lha wong mereka sekalian pulang kampung :D ). Karena satu orang harus satu stasiun, maka kami carinya juga harus ada enam stasiun. Stasiun pertama yang

Steak Tuna

sekali sekali bikin makanan ala-ala resto ato kafe-kafe gitu aahhh... hihihi.. tapi makanan yang sehat dan penuh gizi dan pastinya yummy ala chef ... :P Yup!! mumpung ada ikan tuna yang masih ada banyak untuk bahan dagangan, saya coba-coba deh bikin Steak Tuna. ternyata gampang bingit. tinggal mau tingkat kematangan yang seperti apa aja yang diinginkan. kayak bikin steak daging biasanya itu loh. yang ada tingkatan kematangan dagingnya, macam medium, rare, well done. tadinya mau coba bikin medium yang dalamnya masih agak kemerah-merahan gitu, tapi saya takut mentah dan gak enak, jadinya saya bikin almost well done. apapun itu, daging ikan tuna itu gurih. beneran gurih. :9 which one do you prefer to serve? Cara bikinnya gampang bingit. pertama, siapin dulu bahan-bahannya, seperti; 1.    Ikan tuna steak dengan ketebalan kurleb 2,5cm (yang sudah dipotong steak ya.. bukan tuna kalengan.. heheh) 2.    Kentang ukuran sedang (kupas dan potong sesuai selera) 3.    Wortel