Senin, 19 Desember 2011

Jogja!!!!!

Jogja!!!!
Yap, bloggie, beberapa waktu lalu saya berkesempatan pergi ke Jogja loh.. walopun gak ada di list to visit tahun ini, tapi its okay lah. Yang penting pergi bareng ranger. :)
Hehe,,, dengan dana minim, dan kudu ngeden dulu buat ngumpulin duit pergi ke sana. bak backpacker tenanan, hari jumat malem abis kuliah dengan bondo nekat, kami ber-enam berangkat ke Jogja naek bis ekonomi (maklum mau sehemat2nya, jadi mencoba menekan biaya pengeluaran).
Dari Surabaya jam 11 malem, dan sampe di jogja pukul setengah 6 pagi, mampir masjid bentar dan langsung cauw cari penginapan. Saya buta Jogja! Pernah beberapa kali ke Jogja, tapi tetep aja gak ngerti gimana Jogja, terakhir ke sana waktu mau ujian masuk UGM – tapi gagal, hehe – ya sudah akhirnya saya ngikut aja sama yang sudah pengalaman ke Jogja. Pengalaman pertama naek trans jogja, jam pertama operasi jam setengah 6-an. Trans masih sepi dan isinya masih anak-anak SMP-SMA yang pada berangkat sekolah (rajin kamu ya nak…).
Sampai di Malioboro, tujuan pertama kita jelas bukan belanja dulu donk. Berat ini tas. Mau bebersih dulu baru lanjutin petualangan. Yap, kita cari penginapan. Di Malioboro ada hotel mutiara, ada hotel apalagi ya, saya lupa namanya dan pilihan kita jatuh pada losmen di gang kecil belakang Circle-K Malioboro. Hehe. Ya iyalah, orang backpacker gak ada dana kok mau nginep di hotel berfasilitas. Haha.. karna kita ber-6 dan pembagian ongkos kudu rata, jadi walopun yang satu kamar isi 2 orang ato 4, bayarnya tetep kudu sama. :P,, yap, kena’nya 45rbu seorangnya.
Pada gak sabaran buat jalan-jalan, akhirnya Cuma taruh tas doank di losmen. Gak pake mandi!! Haha.. tapi sudah sikat gigi donk pastinya (di Masjid tadi). Perjalanan di lanjutkan ke Candi Prambanan. Seneng banget saya. Belum pernah ke Candi Prambanan. Apalagi saya lagi demen nonton sendratari, kan sering tuh di sana diadakan sendratari Ramayana kalo malem hari. Tapi sayangnya kita ke sana siang, jadi lagi gak ada. Eh tapi jangan Tanya sama saya gimana dalemnya Candi Prambanan. Mengingat kami ini “backpacker dana terbatas”, begitu lihat HTM ke Candi Prambanan 40rb di akhir pekan, jadi lah kami balik kanan, dan gak masuk. Aarrgghhh… akhirnya Cuma bisa liat dari luar dan liat anak-anak kuliahan yang pada mau masuk ke areal candi. Kita mah Cuma dapet foto-foto doank di depan. Hahah..
 ***

Next trip, kita pergi ke Taman Sari. Masjid di bawah tanah. Satu kata. Hebat! Arsitekturnya keren, walopun saya nggak sepenuhnya ngerti seni, tapi saya rasa bangunan ini nyeni banget. Dari luar gak tampak kalo ini adalah bangunan yang cukup besar. Ya gimana mau kelihatan, lha wong sebagian besar bangunannya saja berada di dalam tanah. Dan di sekitaran bangunan ini adalah perkampungan penduduk yang seolah menyamarkan keberadaan bangunan ini. Lalu dilanjutkan ke kolam pemandian, yang letaknya gak jauh dari masjid tadi. Masih sama seperti tadi. Keren!! Saya sampai gak bisa berkata apa-apa. Mengikuti lorong-lorong buat cari jalan keluar, seolah masuk ke area labirin. Dan di sini masih kental sekali ya aura adat dan tradisi. Ada suatu ruangan di dekat ruangan makan kerajaan, yang ternyata di pakai buat tempat sajen (sesaji maksudnya). Waktu itu saya iseng-iseng aja masuk ke sana, karena ada bule yang masuk ke sana juga, eh begitu masuk kok ada aroma kembang seperti yang biasa buat aromateraphi, tadinya saya kira emang aromateraphy biasa, eh begitu liat, kok ada orang bertato dan seperti melakukan ritual gitu. Cauw deh,, saya tinggal aja liat ruangan lain lagi – alesannya padahal mendadak merinding – hhrrrr..



Prambanan gak jadi, Taman Sari udah. Kembalilah kita ke losmen. Lumayan pegel juga. Gimana enggak, dari Taman Sari ke Malioboro yang katanya deket, begitu dijalanin, ya ampuunn,, ini jauh… kenapa gak naek trans aja sih tadi. Bener deh. Sampe ketemu bencong juga lagi di jalan. Si Ardi sampe putus tuh sandal gara-gara bencong. Hahah…
***


Saya gak hapal lagunya Kla Project yang Jogjakarta, tapi yang pasti seolah ada backsound lagunya Kla Project waktu kita jalan-jalan abis maghrib di Malioboro. Beneran musisi jalanan banyak banget. Kreatif lagi. Bermodal pula mereka. Menyanyikan beberapa lagu dan ini rame sekali. Saya suka lihatnya, padahal biasanya saya paling gak suka berada di keramaian.



Namanya juga HEMAT, diusahakan kita harus melakukan apapun sehemat mungkin, kita makan di angkringan deket stasiun tugu, diujung jalan Malioboro. Termasuk waktu mau ke Parangtritis. Kebetulan boss’nya si Selpi juga lagi ada di jogja, dan dia ngajakin joinan buat pergi ke pantai. So, ngapain kita nolak kalo ada tumpangan gratis. Hehe… yap kita ke Pantai Parangtritis malem-malem. Harusnya sih kita lihat gerhana bulan. Tapi si boss jemputnya kelamaan. Jadinya kita ketinggalan gerhana’nya deh.. :(,, tapi gak pa-pa..yang penting kita ke Pantai!!! Dan ini kali pertama saya pergi ke pantai di malam hari. Aroma kembang sesaji tercium dimana-mana. Dan ternyata juga lagi ada ritual, saya nggak ngerti namanya, katanya sih kayak nabur kembang gitu.

dan ehhh,, ini ketemu anak UGM yg lagi bagi-bagi kembang di Malioboro :)
 
Hari Minggunya full diisi dengan belanja. Dana terbatas bukan berarti gak bisa belanja donk. Hehe… buat oleh-oleh orang rumah, nanti malah rebut kalo gak dikasih oleh-oleh jauh-jauh ke Jogja. ~(^^~)~(^^)~(~^^)~

Minggu siang, kita balik ke Surabaya.. dan.. sampai jumpa lagi ya Jogja!!!! :)

NB: bsoknya pas di kampus di Tanya sama temen yang asli Jogja,”kemana aja disana?” jawab,”prambanan, eh gak jadi, taman sari seeh.” Temen,”gak ke tempat ini, ato tempat itu?” jawab,”enggak.” Temen,”lah ngapain aja donk?” jawab,”hehe, Cuma keliling naik trans doank.”*mringis sambil ngeles, itu artinya saya kudu ke sana lagi, makanya ga semua tempat saya datangi langsung kemaren.. hehe*

4 komentar:

wawanisme mengatakan...

wuoowww...

really really amazing...

enaknya yg bisa liburann... :(

wkwkwkwkw :D

sinTa mengatakan...

@wawan... SEMANGAT OM!!! kamu pasti bisa melewati kesibukan ini,,, sampai jumpa di kampus :)

Anonim mengatakan...

Nama losmennya apa yah? :D

sinTa mengatakan...

@anonim,,, wah saya lupa namanya,, yang jelas gang pertama di belakang circle-k..

Ada kesalahan di dalam gadget ini